Tuesday, July 5, 2011

iPhone 5: Apa Saja yang Baru???

iPhone 5 dikabarkan baru akan meluncur September mendatang. Apakah generasi terbaru smartphone andalan Apple ini layak ditunggu kehadirannya?

Berbagai rumor sudah berkembang mengenai seperti apa fitur-fitur di iPhone 5. Dan jika ditilik, kebanyakan fitur tersebut sudah ada di smartphone yang edar saat ini, terutama yang mengusung sistem operasi Android.

Pertama, iPhone 5 kabarnya memakai layar cekung atau curved display. Saat ini, beberapa handset Android sudah menerapkan hal serupa, sebut saja Samsung Google Nexus S.

Kemudian, iPhone 5 kabarnya punya kamera 8 MP dengan LED Flash. Mungkin, ini adalah peningkatan cukup signifikan dibanding iPhone sebelumnya. Namun saat ini, sudah banyak ponsel berkemampuan setara seperti HTC Thunderbolt, HTC Sensation atau Samsung Galaxy S II.

iPhone 5 kemungkinan membawa prosesor dual core A5, sama dengan yang ada di tablet iPad 2. Inipun bukan keistimewaan. Smartphone seperti LG Optimus 2X, HTC Sensation sampai Motorola Atrix saat ini sudah memiliki kemampuan yang sama.

Ada juga rumor yang mengabarkan iPhone 5 memiliki layar 3 Dimensi yang tampilannya bisa disaksikan tanpa kacamata. Lagi-lagi, sekarang ini sudah ada handset dengan kebolehan semacam itu, misalnya LG Optimus 3D.

Jika fitur-fitur di atas benar dipakai di iPhone 5, mungkin tidak ada kelebihan berarti yang ditawarkan di sektor spesifikasi dibanding smartphone Android. Namun memang patut dicatat iPhone selama ini selalu laris walau spesifikasinya tidak lebih baik ketimbang rival.

Dukungan aplikasi melimpah ruah adalah salah satu alasannya, di samping layar sentuh intuitif. Bagi para pecintanya, iPhone 5 mungkin tetap layak ditunggu meski spesifikasinya tak segahar ponsel Android high end. Demikian seperti dilansir International Business Times. (detik)

No comments:

Post a Comment